Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Timnas Indonesia Belum Pernah Juara Piala AFF?

Matzsport.com - Mengapa Timnas Indonesia belum pernah juara Piala AFF sejauh ini?

Ada apa dengan skuad Garuda yang sampai saat ini masih belum bisa memperesembahkan trofi Piala AFF untuk negaranya. 

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara paling besar di kawasan ASEAN. Namun mereka sama sekali belum pernah meraihnya.

Hal tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya mengapa sepakbola di Indonesia masih belum maju seperti negara lainnya. 

Sudah berbagai macam cara dilakukan demi membuat skuad Merah Putih semakin kuat. Akan tetapi, hasil masih belum memihak Indonesia.

Piala AFF 2022, Indonesia hanya melaju ke semifinal usai kalah atas Vietnam. Thailand kini semakin merajai setelah berhasil membawa trofi bergengsi tersebut.

Mengapa Timnas Indonesia Belum Pernah Juara Piala AFF?

Thailand telah memiliki 7 trofi Piala AFF, yakni setengah dari total 14 turnamen ini digelar. Sementara 7 edisi diraih oleh negara lainnya yaitu Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Indonesia hanya memegang rekor tim yang paling banyak ke final Piala AFF, yakni sebanyak 6 kali. Dari total penampilannya di final, skuad Garuda sama sekali belum pernah bisa mempersembahkan trofi tersebut untuk negaranya.

Semua laga final yang dimainkan berujuk kekalahan, yakni di tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020. Empat laga diantaranya kalah menghadapi Thailand.

Melihat itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan Timnas Indonesia belum bisa meraih gelar juara Piala AFF sejauh ini di antaranya:

1. Emosional

Pemain Timnas Indonesia terlihat masih belum bisa mengendalikan emosional sepenuhnya. Meskipun dapat terkendali, namun dalam kondisi tertentu dan tidak konsisten.

Ketika sudah terpancing emosi lawan, hal ini sangat berpengaruh terhadap performa pemain Timnas Indonesia.

Emosinal yang sulit dikontrol dari para pemain mampu menyebabkan permainan hancur dan tidak terkontrol dengan baik. Setidaknya, hal sepele seperti ini harus bisa dihilangkan oleh para pemain Timnas Indonesia.

2. Kalah Adu Strategi

Strategi bukan hanya tugas pelatih saja, namun para pemain juga harus memikirkan bagaimana caranya agar bisa memenangkan pertandingan. 

Melihat gaya permainan Thailand dan Vietnam yang saat ini semakin maju, permainan mereka tampak nyaman dilihat. Setiap pemain mampu menguasai bola dengan baik dan sedikit mengalami kesalahan.

Bahkan strategi yang diminta pelatih juga sering berjalan dengan baik dan berhasil membuahkan kemenangan menghadapi lawannya.

3. Mental Belum Matang

Bagi yang menonton pertandingan Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di leg pertama, tampaknya mental Indonesia seperti tidak lepas. Padahal bermain dihadapan pendukungnya sendiri, namun mereka terbawa permainan Vietnam.

Alhasil, kesempatan untuk meraih kemenangan di leg kedua gagal usai kalah 2-0 atas Vietnam. Hal ini membuktikan bahwa performa Timnas masih belum matang, khususnya dari segi mental.

Pelatihan mental sangat perlu bagi skuad Merah Putih agar bisa bermain lepas menghadapi siapapun, kapanpun, dan dimanapun berada.

4. Kurang Beruntung

Mungkin salah satu faktor yang membuat Indonesia masih belum juara Piala AFF karena kurang beruntung.

Sebanyak 6 kali masuk ke final, namun belum ada satupun gelar juara yang diraihnya. Tentu ini menjadi catatan yang cukup buruk. 

Sekelas ASEAN, Indonesia harus bisa meraihnya. Dan semoga keberuntungan akan memihak Timnas Indonesia di periode selanjutnya.

Itulah beberapa alasan mengapa Timnas Indonesia belum pernah juara Piala AFF. Bagaimana pendapat kalian?