Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Elie Aiboy, Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Melegenda

Matzsport.com - Banyak yang penasaran dengan profil Elie Aiboy, mantan pemain Timnas Indonesia yang melegenda.

Timnas Indonesia menghasilkan para pemain berkualitas unggul dengan ciri khas masing-masing, salah satunya Elie Aiboy.

Bagi pecinta sepakbola mungkin sudah tidak asing dengan pemain kelahiran Jayapura yang lincah dalam mengolah Si Kulit Bundar. Kemampuannya seringkali membuat pemain lawan kewalahan, bahkan ia cukup tajam dalam mencetak gol.

Sejumlah prestasi telah diraihnya selama ini, baik bersama Timnas Indonesia maupun klub yang ia gabung. Tak salah bilamana Elie Aiboy namanya selalu dikenang sebagai salah satu pemain Garuda terbaik.

Profil Elie Aiboy

  • Nama : Elie Aiboy
  • Kelahiran : Jayapura, 20 April 1979
  • Tinggi : 172 cm
  • Posisi bermain : Gelandang
  • Mantan klub terakhir : Persip Pekalongan
Elie Aiboy saat ini melatih di Persewar Waropen. Selama berkarir dalam dunia sepakbola, ia pernah menjadi bagian dari PSB Bogoro, Persipura Jayapura, Semen Padang, Persija Jakarta, Armea Malang, PSMS Medan, hingga Persip Pekalongan.

Gaya permainannya yang berkualitas membuat sejumlah klub memburunya saat kehabisan kontrak. Bahkan klub luar negeri juga pernah memboyongnya, yakni Selangor FA, Malaysia. Ia menjadi pemain negara tetangga.

Karir juniornya juga cukup gemilang, ia bergabung bersama PSSI Baretti pada tahun 1995-1996 dan bersama Diklat Ragunan pada tahun 1996-1997.

Ia baru terjun ke klub profesional tahun 1997-1998 bersama PSB Bogor. Ia berhasil mencetak 9 gol dalam 15 penampilannya. Setelah habis kontrak, Elie Aiboy direkrut klub asalnya, Persipura Jayapura. Namun ia mengalami kebuntuan usai mencetak 2 gol dalam 16 laga penampilannya.

Profil Elie Aiboy semakin terlihat setelah bermain bersama Timnas U-23 tahun 1999-2001. Ia berhasil mencatatkan namanya di papan top skor usai mencetak 3 gol. 

Elie Aiboy bergabung bersama Timnas Senior 2001-2012. Dalam 48 penampilannya, ia berhasil mencatatkan 8 gol. Tentu ini merupakan pencapaian yang sangat baik baginya selama berkarir bersama Timnas Indonesia.

Prestasi Elie Aiboy

Kualitasnya yang sangat baik tidak luput dari prestasi yang sudah pernah diraihnya sejauh ini. Elie Aiboy pernah menjuarai Liga Utama Malaysia pada tahun 2005, Piala FA Malaysia, dan Piala Malaysia.

Bersama Semen Padang, Elie Aiboy mampu mempersembahkan Liga Prima Indonesia di tahun 2011-2012 sekaligus piala Community Shield Indonesia 2013.

Selain itu, ia juga meraih penghargaan individu sebagai pemain terbaik Piala FA Malaysia di tahun 2005.

Prestasi yang sangat luar biasa dari mantan pemain Timnas Indonesia yang patut dicontoh generasi sepakbola muda. Berharap, ada beberapa pemain yang bisa melebihi prestasi Elie Aiboy kedepannya dan membawa Indonesia ke kancah dunia.

Demikian informasi tentang profil Elie Aiboy, bagaimana pendapatmu tentang pemain bola asal Jayapura tersebut?