Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Pelatih Terbaik Timnas Indonesia dari Masa ke Masa

Matzsport.com - Pelatih terbaik Timnas Indonesia berarti mereka yang telah berhasil membawa harum nama Merah Putih. Meski belum sesuai harapan, perlu diapresiasi usaha dari para pelatih yang sudah berusaha semaksimal mungkin.

Pada 2022, Timnas Indonesia masih dilatih oleh Shin Tae-yong, dari Korea Selatan. Sebelumnya telah terjadi perubahan kepelatihan dari masa ke masa seiring berjalannya waktu. 

Sampai saat ini, Indonesia masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Menjadi yang terbaik di Asia belum kesampaian, apalagi mencapai Piala Dunia.

Sebagai salah satu negara terbesar yang banyak penduduknya, sepertinya Indonesia kesulitan mencari bibit yang bisa mengharumkan nama bangsa ke kancah dunia. 

8 Pelatih Terbaik Timnas Indonesia dari Masa ke Masa

Sejauh ini, tercatat sekitar 8 pelatih yang pernah membawa Indonesia harum namanya di turnamen sepakbola, mereka di antaranya:

Rusdy Bahalwan

Pelatih yang satu ini pernah membawa Indonesia naik 76 peringkat. Ia sudah berkarir bersama skuad Garuda sejak 1997-1998. Prestasinya yang gemilang mampu membawa Indonesia meraih hasil yang terbaik.

Henk Wullems

Pada tahun 1995-1996, Henk Wullems pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia. Karirnya yang cemerlang membuat Henk menaikan peringkat Indonesia dari 152 ke 109. Tentu ini merupakan pencapaian yang sangat baik. Selain itu, Henk juga membawa medali perak di ajang Asian Games pada periode 1997.

Luis Milla


Kemunculan Luis Milla menjadi pelatih Garuda membuat kalangan publik heboh. Banyak yang menyangka akan terjadi perubahan besar dalam persepakbolaan Indonesia. Melalui kinerjanya, ia berhasil membuat Indonesia naik peringkat dari 191 ke-154.

Meskipun belum menuai prestasi untuk skuad Merah Putih, namun kehadiran Luis Milla mampu mengubah gaya permainan Timnas Indonesia menjadi lebih baik. 

Ivan Kolev

Ivan Kolev merupakan mantan pelatih klub Indonesia seperti Persija, Mitra Kukar, dan Persipura. Ia menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak tahun 2002-2003 dan 2006-2007. Ivan Kolev pernah membawa Garuda ke peringkat 81 FIFA pada tahun 2003.

Benny Dollo

Benny Dollo merupakan salah satu pelatih yang berhasil menjalankan karirnya bersama Timnas Indonesia sejak 2008-2009. Berkat kecemerlangannya, ia berhasil membuat Indonesia naik 28 peringkat. 

Selain itu, Indonesia juga pernah membawa Piala Kemerdekaan tahun 2008 sebagai juara 1. Ia juga menjadi salah satu pengantar juara klub di ajang kompetisi Nasional.

Nandar Iskandar

Berbicara tentang pelatih terbaik di Indonesia, Nandar Iskandar menjadi salah satu nama yang harus diperhitungkan. Semenjak kepelatihannya pada 1999-2000, Indonesia pernah mendarat di posisi 84 ranking FIFA.

Bersamanya, Indonesia juga berpartisipasi di turnamen Piala Asia yang diselenggarakan di Libanon. Perubahan banyak terjadi semenjak ia melatih Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong

Pelatih era modern yang satu ini juga menjadi salah satu coach terbaik Timnas Indonesia. Semenjak kehadirannya, ia langsung membuat tim yang mati suri langsung bangkit kembali. Ia berhasil membawa Timnas sebagai runner up Piala AFF dan juara di SEA Games 2021 Vietnam.

Alfred Riedl

Indonesia seringkali menjadi langganan runner up semenjak dilatih oleh Alfred Riedl, yakni tahun 1998, 2010, dan 2016. Karena penyakit yang dialaminya, ia meninggalkan karirnya di dunia sepakbola tahun 2020.

Itulah 8 pelatih terbaik Timnas Indonesia. Siapakah yang paling baik menurut kalian?