Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Juara Piala AFF Terbanyak, Thailand Pertama, Indonesia ke Berapa?

Matzsport.Com - Banyak yang ingin tahu daftar juara Piala AFF terbanyak setelah melihat Thailand meraihnya pada 2022/2023.

Langkah Indonesia terhenti di semifinal Piala AFF usai kalah menghadapi Vietnam. Alhasil, skuad Garuda gagal mempersembahkan trofi tersebut untuk negaranya.

Thailand berhasil meraih gelar juara Piala AFF yang ketujuh kalinya setelah edisi 2022 mengalahkan Vitenam dalam dua leg.

Leg pertama, Vietnam mampu menahan imbang Thailand dihadapan pendukungnya sendiri. Namun leg kedua mereka kecolongan usai T. Bunmathan menjadi pahlawan kemenangan usai mencetak gol di menit ke-24.

Gol tersebut sekaligus membawa Thailand menang dan berhasil meraih juara Piala AFF dengan skor agregat 3-2.

Seperti yang diketahui, Thailand menjadi salah satu klub paling kuat di Asia Tenggara dengan kualitasnya yang sangat matang. 

Daftar Juara Piala AFF Terbanyak

Thailand berada di posisi pertama dengan meraih gelar Piala AFF sejak era Tiger Cup 1996. Mereka berhasil meraihnya sejak tahun 2000, 2002, 2014, 2016, 2020, 2022. 

Posisi kedua ada di tangan Singapura, empat trofi berhasil mereka raih pada tahun 1998, 2004, 2007, dan 2012.

Sementara di urutan ketiga adalah Vietnam, mereka baru mengoleksi 2 kali gelar juara Piala AFF pada tahun 2008 dan 2012.

Timnas tetangga, Malaysia menjadi peraih gelar juara terbanyak keempat setelah memenangkannya pada tahun 2010. 

Tentu menjadi suatu kebanggan besar bagi mereka usai berhasil memenangkan kompetisi bergengsi di ASEAN tersebut. Masih ada kesempatan bagi masing-masing negara untuk meraihnya kembali di masa mendatang.

Berapa Jumlah Trofi Piala AFF Timnas Indonesia?

Pastinya banyak yang penasaran dengan jumlah trofi Timnas Indonesia di kejuaran AFF. Apakah skuad Merah Putih pernah mendapatkannya?

Sangat disayangkan, sebagai salah satu negara terbesar ini masih belum bisa menjadi yang terbaik di ASEAN sekalipun. Skuad Garuda masih belum bisa membuktikan kemampuannya menjadi juara.

Sepanjang gelaran berlangsung, Indonesia hanya berakhir di posisi runner up. Itu pun sudah melewatinya 4 kali.

Tentu ini menjadi catatan yang kurang baik bagi Timnas Indonesia. Harus ada perubahan besar jika ingin maju di dunia sepakbolanya seperti negara lain. Baik itu dari segi pemain, pelatih Timnas Indonesia, manajemen, ataupun lainnya.

Daftar juara Piala AFF 1996-2022:

1. Thailand 7 trofi
2. Singapura 4 Trofi
3. Vietnam 2 trofi
4. Malaysia 1 trofi

Harapan besar, Timnas Indonesia bisa bangkit dan bisa membawa pulang trofi Piala AFF mendatang dan seterusnya.