Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liga 2 Kok Dihentikan? Ini Alasannya!

Matzsport.com - PSSI melalui Komite Eksekutif (Exco) telah memutuskan untuk menghentikan Liga 2 pada Kamis, 12 Januari 2023.

Masalah pemberhentian Liga 2 menjadi sorotan. Hal ini dikarenakan merujuk ke regulasi, seharusnya klub yang menolak berkompetisi disanksi hingga dihukum degradasi.

Sesuai dengan pasal 7 regulasi Liga 2, klub yang mengundurkan diri atau menolak melanjutkan kompetisi harus membayar sejumlah uang akibat komersial yang di timbulkan.

Klub juga harus membayar denda terkait penolakan untuk melanjutkan kompetisi. Klub tersebut berpotensi didiskualifikasi dan hanya dapat bermain sesuai keputusan PSSI. 

Tercatat ada 10 klub Liga 2 dan APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia) menggelar audiensi dengan Kemenpora. Hal ini terkait kompetisi Liga 2 yang harus dilanjutkan sebagaimana Liga 1 masih berjalan sampai sekarang ini.

Respon Persipura

Persipura yang merupakan salah satu klub Liga 2 2022/2023 juga tak ingin kompetisi tersebut tiba-tiba terhenti. Yan Mandenas selaku manajer Persipura menyebutkan bahwa keputusan Exco PSSI diambil sepihak.

Selain itu, ada 10 klub yang hadir dalam kesempatan tersebut sebagai bukti bahwa banyak peserta yang ingin melanjutkan kompetisi tersebut.

Manajer Persipura juga meluruskan bahwa tanda tangan 20 klub bukan diperuntukan untuk meminta Liga 2 dihentikan. Namun dijadikan alasan oleh Exco PSSI agar bisa menghentikan pertandingan tersebut.

Dikabarkan ada pemalsuan tanda tangan yang menjadi landasan keputusan Exco PSSI terkait pemberhentian kompetisi. Semenjak keputusan itu, banyak yang membantah dari beberapa klub yang terlibat.

Apa yang Akan Terjadi Jika Liga 2 Tak Berlanjut?

Pastinya banyak yang keberatan terkait pemberhentian Liga 2 yang sedang berjalan. Sejumlah klub banyak yang tidak terima.

Seperti yang diketahui, Liga 2 menjadi salah satu kompetisi bergengsi yang cukup menarik untuk disaksikan. Ini juga menjadi lumbung prestasi bagi mereka yang menjadi pemain sepakbola. 

Apalagi terkait gaji, pemberhentian kompetisi dapat menimbulkan pendanaan yang besar bagi masing-masing klub.

Bagaimana kondisi kedepannya? Terus pantau keputusan dari PSSI agar bisa melanjutkan kompetisi Liga 2 2022/2023.