Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahun 2023 Pekan Ini Manchester United Resmikan Rekrutan Perdana, tapi Bukan Sebagai Pengganti Ronaldo

Matzsport.com - Club sepakbola Manchester United segera akan mengumumkan rekrutan pertama di bursa transfer Januari 2023 di pekan ini. Akan tetapi di luar dugaan, MU tidak merekrut seorang striker seperti yang diinginkan fans The Red Devils.

Calon terkuat yang akan direkrut MU di Januari 2023 adalah penjaga gawang Jack Butland dari Crystal Palace. Jack Butland akan dipinjam MU selama enam bulan hingga Juni 2023. Media-media Inggris melaporkan MU telah mencapai kesepakatan dengan Palace dalam peminjaman Butland. Peresmian transfer Butland diperkirakan terjadi di pekan ini.

Pada Kamis (5/1/2023) Butland dikabarkan telah menjalani tes medis bersama MU. MU dapat mengumumkan kepindahan Butland pada Jumat (6/1/2023) atau paling lambat hingga Sabtu pekan ini. 

Perekrutan Butland dinilai cukup mengejutkan dan mendadak. Lantaran MU pada awalnya diperkirakan akan fokus merekrut striker baru usai mendepak Christiano Ronaldo sesaat sebelum dimulainya Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, MU telah dikaitkan dengan sederet striker. Akan tetapi, MU buru-buru mencari kiper setelah Newcastle United secara dadakan memanggil Martin Dubravka. Martin Dubravka merupakan kiper Newcastle United yang dipinjam MU sejah musim panas lalu. 

Dengan kepergian Dubravka membuat MU harus menambah kiper baru. Manajer Manchester United, Erik ten Hag hanya memiliki Tom Heaton sebagai pelapis David de Gea. Sedangkan Heaton sudah cukup berumur sehingga sangat riskan apabila dimainkan apabila David de Gea cidera. Oleh sebab bitu, Butland menjadi solusi yang cukup instan bagi MU.

Pada bursa transfer Januari 2023 Butland tidak akan menjadi satu-satunya pemain baru di MU. Ten Hag memastikan bahwa MU masih perlu untuk menambah penyerang untuk mengisi kekosongan setelah melepas Christiano Ronaldo.

Bulan Januari 2023 ini kemungkinan MU tidak dapat membeli penyerang mahal. Hal ini disebabkan anggaran belanja yang dimiliki oleh Club MU hanya sedikit lantaran sedang dalam proses pergantian pemilik. Tapi, hal ini tidak menjadi penghalang bagi MU. MU akan tetap mengupayakan dengan mengusahakan meminjam pemain atau merekrut pemain yang berharga murah karena kontrak akan berakhir sebentar lagi. 

Setelah menyelesaikan perekrutan Butland, MU diperkirakan akan mencoba merekrut pemain depan Bayern Munchen Eric Maxim  Choupu Moting. Pemain tersebut memiliki harga yang relatif murah sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pemain pelapis dari Marcus Rashford dan Anthony Martial. 

Sedangkan dari pemain penyerang yang akan dicoba dipinjam MU adalah Vincent Aboubakar dari Al-Nassr. Hal ini lantaran posisi Aboubakar di tim utama Klub Arab Saudi terancam setelah kedatangan Christian Ronaldo. 

MU juga dilaporkan siap mengajukan tawaran resmi untuk memboyong penyerang milik Atletico Madrid yaitu Joao Felix. Hal ini disebabkan Felix sempat bersleisih dengan Diego Simeone setelah jam mainnya dikurangi oleh sang manager.

Felix juga dikabarkan ingin cabut di musim dingin ini. Ia disebut-sebut ingin pindah ke Inggris dengan Manchester United sebagai klub dambaannya. Dengan begitu, MU siap memboyong Felix ke Old Trafford musim dingin.   

Erik ten Hag mengatakan bahwa MU akan berfokus untuk mengeluarkan anggaran untuk belanja pemain di bursa transfer musom panas mendatang. MU akan berfokus di jendela transfer musim panas tahun depan dibandingkan untuk berinvestasi dalam skuad di bulan Januari.

MU tidak berencana mengeluarkan uang dalam jumlah besar di bulan Januari. Lantaran MU telah menghabiskan 230 juta poundsterling atau sekitar 4,3 triliun rupiah di pasar pemain pada musim panas lalu.