Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Bernardo Tavares, Pelatih yang Berhasil Bawa PSM Makassar Juara Liga 1 2023

MATZSPORT.COM - Banyak yang penasaran mengenai profil Bernardo Tavarez, pelatih PSM Makassar yang berhasil bawa timnya juara Liga 1 2023.

PSM kini telah resmi meraih gelar juara Liga 1 2023 meski masih harus menjalani beberapa pertandingan terakhir.

Anak asuh B. Tavarez berhasil membuktikan kemampuannya dan memuncaki klasemen BRI Liga 1 2022/2023.

Mengalahkan beberapa klub papan atas seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, Borneo Fc, Bali United, hingga Madura United.

Akan tetapi, pertandingan masih belum berakhir. Masing-masing tim masih memiliki kesempatan untuk saling mengejar.

PSM berhasil tampil gemilang usai menakhlukan lawan-lawannya. Pada Jumat, 31 Maret 2023, mereka berhasil menang dengan skor 1-3 atas Madura United. 

Kemenangan juga diraih saat menghadapi Bhayangkara FC dalam lanjutan kompetisi Liga 1 dan semakin memperkokoh puncak klasemen.

Profil Bernardo Tavarez

Di balik kesuksesan PSM Makassar yang berhasil menjadi juara musim ini, ada sosok pelatih yang memiliki peran besar.

Berikut profil pelatih PSM Makassar selengkapnya:
  • Nama: Fernando Jose Bernardo Tavarez (B. Tavarez)
  • Kelahiran: Portugal, 2 Mei 1980
  • Usia: 42 tahun
  • Kebangsaan: Portugis
  • Pelatih klub: PSM Makassar
Pelatih yang satu ini merupakan mantan pemain sekaligus manajer sepakbola berkebangsaan Portugal, kiprahnya menjadi pelatih di Indonesia dapat membuahkan hasil.

Butuh waktu sebanyak 23 tahun bagi PSM Makassar untuk merajai kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Terakhir kali juara yaitu pada musim 1999/2000. 

Sosok Bernardo Tavarez berhasil membangun timnya yang begitu solid. Padahal, ia sebelumnya belum menjadi kepercayaan tim PSM Makassar karena ada sekitar 20 calon nama pelatih yang menjadi kandidat pada waktu itu. 

"Pada saat mencari pemain dan pelatih, itukan yang sudah direncanakan sejak awal," ujar Munafri Arifuddin pada Minggu, 2 April 2023.

"Itu riject dan akhirnya mencari pelatih yang kira-kira ada dua puluh nama muncul sampai ke saya, kalau orang Makassar bilang di kutui," imbuhnya.

Kemudian hal tersebut diputuskan secara cepat sekaligus mencari pemain. Hingga akhirnya, Bernardo Tavarez yang terpilih.

Kemenangan atas Madura United d Stadioan Gelora Madura Ratu Pemalingan membuat PSM tak terkejar lagi oleh Persib maupun Persija yang memiliki selisih poin lumayan jauh.